Selasa, 27 Agustus 2013

ULASAN AKTIFITAS HONDA EMERGENCY SERVICE (HES) 2013

         Setelah berakhirnya masa liburan lebaran 2013, berakhir pula kegiatan Honda Emergency Service (HES) yang telah diselenggarakan Honda Bandung Center (Honda IBRM) yang di mulai dari Tanggal 2-13 Agustus 2013. Dari aktivitas HES yang dilakukan di Road side dan Dealer site, penulis menyimpulkan sebagai berikut :

 A. HES Dealer site
 1. Unit perawatan dan perbaikan yang masuk ke deraler periode HES secara grafik terlihat seperti huruf U, dimana Terjadi lonjakan yang cukup signifikan pada hari H-3 dan H-2 sedangkan H-1 dan hari H terjadi penurunan yang drastis sampai dengan H+3.
 2. Dari unit yang masuk, sebanyak 33% melakukan perawatan berkala (PM), 15% perawatan berkala(PM+R) dan perbaikan (R) 52%, artinya hampir 50-50 kecenderungan customer melakukan perbaikan dan perawatan berkala.




 B. HES Road side
 1. Unit yang datang ke posko siaga trendnya cenderung naik menjelang hari H dan H+1, yang dipengaruhi periode mudik pertama (minggu pertama) dan periode kedua menjelang masa mudik puncak.
 2. Komposisi unit yang masuk terdiri dari 22% PM dan 78% Repair (R) jika dilihat dari jenis pekerjaannya kecenderungan orang melakukan perawatan berkala (PM) di posko karena mereka tidak sempat melakukan perawatannya di dealer. Sedangkan banyaknnya pelanggan yang melakukan perbaikan (R) lebih disebabkan karena problem yang muncul saat diperjalanan. Namun selain itu ada juga customer yang datang hanya sekedar ingin pengecekan ringan saja untuk memastikan kondisi kendaraannya baik dan fasilitas istirahat yang cukup nyaman.




         Fasilitas yang tersedia di posko-posko mudik antaralain : fasilitas ruang tunggu nyaman yang dilengkapi dengan kursi sofa, kursi pijat, hiburan chanel tv kabel, ruangan ber AC dan minuman gratis. Semua itu didapatkan secara Cuma-Cuma alias gratis.




         Demikian sekilas ulasan aktifitas selama bengkel dan posko siaga mudik 2013 semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar